CERPEN (GARA-GARA CINTA)



April 11th, 2013
GARA-GARA CINTA
By: Kusdina
            Dinda ga’ pernah menyangka semua ini akan terjadi dalam kehidupan. Persahabatannya hancur hanya karena satu kata yaitu CINTA. Cinta hadir dalam persahabatan mereka. Mereka adalah enam sekawan yang selalu bersama sejak menginjak bangku SMP. Mereka adalah Dinda, Indri, Kikan, Bondan, Ryo, dan Zein.
            Saat ini mereka telah memasuki bangku perkuliahan, masih di kampus yang sama tapi berbeda fakultas. Tapi ini sama sekali ga’ membuat kebersamaan mereka luntur. Apa mungkin  kebersamaan itu yang mengundang  cinta untuk datang pada mereka?
            Gejala-gejala cinta itu mulai muncul ketika secara gamblang Indri mengaku kalo dia naksir Bondan. Begitupun Kikan, dia mulai menaruh rasa sama Zein.
“Eh, Bondan ternyata manis juga ya. Baru nyadar gue. Kayaknya gue suka dech sama dia” terang Indri di depan Dinda dan Kikan.
“Iya, ya. Zein juga makin lama makin cute aja. Bikin gue jadi kepincut” tambah Kikan.
“Pada ngomong apa’an sich. Kita ni kan udah temenan lama, kok bisa-bisanya sich kalian kayak gitu” protes Dinda cuek
“Kita kan udah dewasa Din, lagian kan ga’ da salahnya sich?” bela Kikan
“hu’um tuch. Di undang-undang aja ga’ di cantumin kok klo sahabat ga’ boleh jadi pacar” kata Indri lagi. Dan Dinda hanya diam menanggapi komentar orang yang pada lagi jatuh cinta ini.
“Aha! Gini ja. Kita kan berenam. Gue sama Zein, Indri sama Bondan, truz loe sama Ryo aja Din, gimana” usul Kikan tiba-tiba.
“ga’ ah. Apaan sich loe. Lagian gue ga’ da perasaan apa-apa sama Ryo. Ga’ kayak kalian” jawab Dinda sambil menjitak kepala Kikan.
“Ya kan cuma usul sich Din. Di terima syukur, ga’ diterima juga ga’ pa-pa” Kikan mengelus kepalanya sendiri
“Udah ah, pulang Yuk”, Dinda langsung menarik tangan kedua sahabatnya ini.
“Jangan bilang siapa-siapa soal tadi yach” kata Kikan dan Indri kompak . Dinda hanya menjawab dengan anggukan dan senyuman.
Tak berapa lama, mereka sampai di depan parkir-tempat mereka biasa kumpul sebelum pulang. Dan di sana udah ada Zein, Bondan dan Ryo.
“Lama bener sich loe Din. Kebiasaan tau” omel Zein
“Kok Cuma gue doang? Kikan ma Indri juga tuch” jawab Dinda sewot.
“Sama aja bawel. Cepetan naek. Gue tinggal baru tau rasa loe” ancam Zein
“Iya-iya sabar napa!” Dinda lalu naek ke motor Zein.
Emang Zein tuch cowok paling bawel sedunia. Dan Dinda selalu jadi korban kebawelannya tiap hari. Karena emang Dinda selalu nebeng Zein. Gimana lagi, Cuma dia pilihannya. Soalnya Indri sama Bondan karena mereka tetanggaan. Sementara Kikan Ryo malah tinggal serumah karena mareka masih terhitung sepupu.
Hari ini mereka ngumpul di rumah Dinda. Ya, sekedar ngumpul aja sich. Ternyata di depan rumah Dinda udah ada mobil parkir.
“Siapa yang dateng Din?” tanya Zein
“Ya mana gue tau. Gue kan juga baru dateng,” jawabnya agak penasaran
“Kali aja loe hafal ni mobil siapa”
“Mobil kayak begini ga Cuma satu Zein. Mana gue tau sich”
Dinda dan Zein malah debat duluan masalah mobil. Kebiasaan emang, 2 orang ini dari dulu suka ribut. Sampek-sampek sang tamu keluar gara-gara keributan kecil itu.
“Hey. Udah pada pulang nich” sapanya mengagetkan. Dinda langsung menoleh.
“Dika!” teriak Dinda dan ikut mengagetkan teman-temannya. Ekspresi Dika pun berubah murung.
“Da yang keberatan dengan kedatangan gue nich kayaknya”
Dinda buru-buru menahan, “ ga’ kok Ka. Kita Cuma kaget aja. Ya udah masuk semua yuk!” Dinda mengajak semuanya masuk tapi Ryo malah ga’ mau masuk. Dinda menghampiri Ryo yang masih di luar.
“Yo. Kenapa sih loe? Dari tadi jutek banget sama Dika” tegur Dinda
“Din. Gue Cuma ga’ suka aja dia balik lagi ke sini. Apa loe lupa ma apa yang udah dia lakuin sama loe. Gue ga’ terima loe di sakitin sama dia lagi,” jawab Ryo sedikit berbisik.
“Makasih Yo loe udah khawatir ma gue. Tapi gue udah lupain semua itu kok. Jadi loe ga’ perlu benci atau dendam sama Dika. Dia masih temen kita kok”  Dinda memaksa Ryo masuk.
*********
Keesokan harinya,
Zein berangkat sendirian. Ketika sampai  di kampus dia bertemu Ryo dan Kikan.
“Lho....Zein. kok loe kagak sama Dinda?” tanya Ryo
“Orang Dinda udah berangkat duluan. Tadi katanya dijemput ma Dika,” jawab Zein
Setelah mendengarjawaban Zein, Ryo langsung pasang muka cemberut. Antara cemburu dan kaget. Setelah itu langsung ngeloyor pergi ninggalin Zein dan Kikan.
“Eh, Ryo kenapa tuch Ki? Kayaknya dia ga’ suka denger nama Dika” tanya Zein penasaran.
“Ya ampun Zein. Loe ga’ nyadar apa. Ryo tuch suka sama Dinda. Gue pikir semua udah pada tau” terang Kikan.
Zein kelihatan kaget denger pernyataan Kikan. Ga’ tau kenapa hari in serba kaget. Dia mulai gemetaran, kemudian mencoba mengingat tentang Dika yang dulu pernah jadi pacar Dinda waktu SMP, tapi setelah kelulusan tiba-tiba Dika ngilang tanpa ngasih kabar. Dinda memang sempat down,untung ada temen-temennya yang selalu memberi semangat biar Dinda ga’ sedih lagi.
“Emangnya sekarang Dinda balikan sama Dika lagi?” tanya Zein
“Kenapa sich Zein loe ngurusin masalah ini banget. Loe ga’ lagi suka ma Dinda juga kan?”
“Ehm.... emangnya kenapa?”
” Karena gue suka sama loe,” jawab Kikan tersipu malu.
“hahhahhahahahah...... Masih pagi nih Ki. Tapi sumpah selera humor loe tinggi juga” jawab Zein sambil berlalu pergi. Ini membuat Kikan sedih karena dicuekin Zein. Tapi Kikan ga’ mau nyerah juga buat nunjukin perasaannya ke Zein.
Seperti biasa, sepulang kuliah mereka janjian di depan kampus. Lagi-lagi Dinda ga’ bareng sama Zein.
“Din, loe g pulang bareng gue?” Tanya Zein.
“Sorry, hari ini gue sama Dika. Gue duluan ya semuanya” pamit Dinda sambil jalan ke mobil Dika.
Setelah Dinda dan Dika pergi, Ryo langsung menyalakan motor dan menyuruh Kikan turun.
“Lho! Yo, loe mau kemana? Truz gue pulang ma siapa?”n rengek Kikan.
“Zein, anterin Kikan pulang ya,” pinta Ryo begitu saja tanpa menunggu jawaban Zein. Dan Zein ga’ sempet menolak.
Di tengah perjalanan Zein sama sekali ga’ konsen, dia kepikiran Dinda, Dika, dan Ryo. Apa yang akan terjadi selanjutnya dengan mereka. Sampek-sampek dia ga’ sadar ada Kikan dibelakangnya sedang mengumpulkan kekuatan untuk menyatakan perasaannya.
“Zein, loe kan udah tau tentang perasaan gue. Trus gimana perasaan loe sama gue. Kita udah lama lo bareng-bareng kayak gini. Dan gue nyaman sama loe. Gue suka sama low” kata Kikan malu-malu.
Tapi ternyata ga’ ada respon dari Zein, karena dia lagi nglamun. Kikan jadi dongkol, lalu menepuk bahu Zein , “Jadi dari tadi lo ga’ dengerin gue ngomong?! Keterlaluan banget sih loe” omel Kikan. Zein kemudian menghentikan motornya di pinggir jalan.
“Kenapa sih loe Ki, ngomel-ngomel gitu.” Tanya Zein. Kikan pun langsung turun dan meluapkan perasaannya.
“Loe tu sadar ga’ sih Zein? Gue suka sama loe. selama ini gue suka sama loe. kenapa harus kayak gini cara gue ngomong?” Kikan mengucapkan kata-kata itu sedikit  berteriak dan hampir nangis. Zein langsung tertunduk, dia ga’ tega sama Kikan tapi dia juga ga’ bisa bohongin perasaannya.
“Ki, gue hargai perasaan loe. tapi gue ga’ bisa bales rasa suka loe karena di hati gue udah ada Dinda. Gue ga’ tau sejak kapan rasa ini ada. Yang jelas gue ga’ akan rela biarin Dinda jatuh ke tangan orang lain” akhirnya Zein memberanikan diri jujur sama Kikan.
“Tapi kan Dinda udah balik sama Dika? Trus loe juga tau Ryo suka sama Dinda. Apa loe mau dibilang penghianat?” tanya Kikan agak kecewa.
“Gue ga’ peduli. Gue capek nyimpen perasaan ini terlalu lama. Dalam urusan perasaan, apalagi cinta, sahabatpun bisa jadi Rival” jawab Zein tegas. Tak lama kemudian dia meninggalkan Kikan sendiri di pinggir jalan dalam keadaan kacau.
*********
Sementara Dinda dan Dika telah sampai di rumah Dinda,
“Makasih ya Ka. Loe udah nganterin gue. Masuk dulu yuk” kata Dinda mempersilahkan
“Boleh ......” jawab Dika.  Tiba-tiba Ryo datang.
“Hay Yo. Pa kabar” sapa Dika. Tapi Ryo menjawab sapaan Dika dengan bogem mentah di wajah Dika.
Dinda yang kaget langsung bereaksi , “Ryo! Loe apa-apaan sich!? Dateng ga’ pake permisi, maen tonjok tamu gue seenak jidat lo” omel Dinda sambil menghampiri Dika yang kesakitan
“Gue nglakuin ini demi lo Din. Gue ga’ rela cowok ini nyakitin loe lagi” kata Ryo kasar dengan menunjuk jarinya ke arah Dika dengan ekspresi penuh  amarah.
“Maksud loe apa sich” tanya Dika semakin ga’ ngerti.
“Pake pura-pura bego loe!” Ryo mendekati Dika dan mencengkeram kerahnya.
“Dulu seenaknya loe ninggalin Dinda. Sekarang seenaknya juga loe dateng lagi ke Dinda dan nyoba buat dapetin cinta Dinda lagi. Jangan terlalu berharap. Gue ga’ akan biarin loe nyakitin Dinda lagi” kata Ryo lagi.
Tapi melihat Ryo yang udah terbakar amarah malah membuat Dika dan Dinda tertawa. Ini jelas membuat Ryo bingung.
“Apanya yang lucu? Gue lagi marah tau’!” Ryo semakin emosi.
“Ya ampun, Ryo! Dika tuch ga’ kayak yang loe pikir kali. Dika tuch sama kayak loe, temen gue. Sahabat gue.” Jelas Dinda pelan
“Bener kayak gitu?? Wah! Sory ya Ka. Gue emosi soalnya” kata Ryo sambil melepaskan tangannya dari kerah Dika.
Mereka lalu cerita bla bla bla panjang lebar tentang masa dulu dengan penuh canda. Ryo mulai PD karena saingannya berkurang. Tapi dia masih belum punya cukup keberanian buat bilang ke Dinda.
***********
Hari ini Dinda begitu terkejut melihat reaksi Ryo ketika Dika datang lagi ke hidup mereka. Tapi kenapa bisa sampek seperti itu, Dinda ga’ ngerti. Dan keesokan  harinya Dinda dikejutkan lagi dengan datangnya seseorang.
“Zein....Tumben pagi banget nyampek sini” kata Dinda heran.
“Ga’ da apa-apa kok. Pengen berangkat lebih awal aja” kata Zein terbata-bata lalu menyodorkan coklat ke arah Dinda.
“Buat lo” katanya jutek
“Ada yang aneh dech sama loe” kata Dinda curiga.
“Ga’ ada kok. Gue duluan yach.....”
“Loh ga’ mau masuk dulu,?” ajak Dinda
“ ga’ usah dech. Gue berangkat duluan aja” Zein yang gugup hanya garuk-garuk kepala kemudian menyalakan motornya. Tapi lalu mematikannya lagi dan membuat Dinda ikut bingung.
“Kenapa Zein?” tanya Dinda
“Eh....anu..... Loe dijemput Dika lagi ga’ hari ini?” tanya Zein gugup.
“Ga’ kok. Kan biasanya gue sama loe. Loe kenapa sich?” Dinda makin bingung.
“Bukan gitu. Kan kemaren loe dijemput Dika”
“Ya udah tungguin gue mau mandi dulu” Dinda lalu berjalan masuk dan diikuti Zein yang tampak terlalu gugup.
Setelah beberapa lama, Dinda selesai mandi dan mereka pun berangkat ke kampus.
Sesampainya di kampus, mereka hanya melihat Ryo sendirian. Ternyata Ryo telah menunggu mereka. Ketika itu Ryo langsung menarik Zein tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Meninggalkan Dinda sendiri.
“Mereka pada kenapa yach?” batin Dinda bingung
Dinda akhirnya menuju kelasnya sendirian, di tengah koridor dia bertemu Kikan dan Indri.
“Hai.....” sapa Dinda pada mereka.
Kiki yang udah dongkol sejak di tolak Zein, mengajak Indri pergi sebelum Dinda mendekat. Sementara Dinda yang ga’ tau apa-apa jelas bingung lalu mengejar mereka.
“Kalian kenapa sich? Kok marah sama gue?”tanya Dinda. Merasa pertanyaannya tak mendapat jawaban, Dinda mengulangi lagi pertanyaannya.
“Gue salah apa sich Ki, Ndri??”
Belum sempat terjawab pertanyaan itu, tiba-tiba mereka melihat siswa berbondong-bondong ke lapangan basket.
“Ada apa sih” tanya Dinda pada seseorang yang lewat.
“Ada yang berantem”
“Siapa?”
“Ryo sama Zein” jawab orang itu lagi kemudian segera pergi.
“Sekarang loe tau kan, apa salah loe?” serang Kikan tiba-tiba.
“Gue masih ga’ ngerti?”
“Loe tu cakep-cakep tapi bego ya Din?” cemooh Kikan
“Kikan! Kasar banget sih loe” bentak Indri
“Diem loe Ndri. Loe ga’ tau gimana perasaan gue. Loe penghianat Din. Loe udah tau klo gue suka sama Zein tapi kenapa loe rebut dia dari gue. Dan loe juga ga’ pernah menghargai perasaan Ryo yang udah lama suka sama loe. loe udah berhasil merusak persahabatan kita.” Emosi Kikan telah memuncak dan terus memaki Dinda.
Dinda yang baru menyadari apa yang terjadi, langsung berlari mencari Ryo dan Zein. Setelah sampai di lapangan basket Dinda langsung bereaksi.
“ B E R H E N T I . . . . . . . .!!!!!” teriak Dinda menghentikan pertarungan mereka lalu menghampiri mereka berdua.
“Kenapa mesti terjadi seperti ini sich. Sama aja kalian bikin diri kalian malu sendiri. Apa setiap permasalahan akan selasai dengan cara seperti ini” kata Dinda kecewa.
“Tapi gue nglakuin ini demi loe Din. Gue sayang sam loe.” jelas Zein
“Apalagi karena gue. Gue ga suka diperlakuin kayak gini. Kalian pikir gue piala bergilir yang bisa dibawa pulang sama pemenang dalam pertarugan ini??. Kalian pikir gue bangga melihat orang berantem demi gue? Gue kecewa sama kalian?” mata Dinda mulai berkaca-kaca. Sebelum air matanya tumpah, Dinda memutuskan pergi dari tempat itu.
Dinda juga semakin sedih ketika bertemu Kikan dan Indri. Dinda sampai ga’ tau harus berbagi kesedihan dengan siapa. Karena semua orang menyalahkannya. Lalu tiba-tiba Bondan datang menenangkan Dinda.
“Loe kenapa Din?” tanya Bondan pura-pura ga’ ngerti.
“Mereka bikin gue kecewa, Dan. Mereka ngrusak persahabatan kita dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Kenapa kita mesti seperti ini.” Tangis Dinda. Bondan yang tak kuasa melihat Dinda sedih lalu memeluknya.
“Harusnya loe tau,Din. Gue sayang sama loe melebihi mereka. Tapi gue sadar kita ga’ akan mudah untuk merubah persahabatan menjadi cinta. Sampek sekarang pun gue masih dan tetap akan sayang loe” batin Bondan.
Dinda kembali menangis dalam pelukan Bondan. Tinggal Bondan satu-satunya sahabat yang tersisa yang ternyata juga menyimpan perasaan.

T  A  M  A  T




Komentar

  1. Wih..terlalu banyak cinta bertepuk sebelah tangan, klo jdi dinda mah mesti bingung harus bersikap seperti apa dg para sahabatnya, klo milih salah satu dri ryo, zein atau bondan untuk dijadikan pacar, pasti ada pihak yg gak terima dan terluka

    Aish..cinta memang rumit😅

    Semangat ya teman nulis cerpenx 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehhhe iya terima kasih Yoo Hee🤗
      karena buat Dinda persahabatan itu jauh lebih abadi dari cinta. kalo pilih salah satu akan ada pertumpahan darah (mungkin) di antara persahabatan mereka.

      begitulah cinta, deritanya tiada akhir 😆😜

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRANSLATE LIRIK LAGU INDO KE ENGLISH

PUISI (LEMAHNYA HATI)

EXAMPLE OF RESEARCH PROPOSAL